DAFTAR ISTILAH /GLOSARI

Abstraction
prinsip penyederhanaan dan sesuatu yg kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya.



Algoritma
urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yg disusun secara sistematis

Array
struktur data yg menyimpan sekumpulan elemen yg bertipe sama.

Atribut
karakteristik /ciri yg membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya

Authentication
proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system,misalnya pada DBMS

Basic input/ouput(BIOS)
Kode-kode program yg pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan(booting)

Basis data
kumpulan dari data yang saling berhubungan satu sama lain,tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

Command Line Interface(CLI)
antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks.

Compiler
penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara sekaligus seluruh kode program . prosesnya disebut kompilasi.

Component Object Model (COM)
Infrastuktur yg disediakan oleh visual basic untuk mengakses obyek-obyek atau kontrol-kontrol lain sepanjang punya antar muka yang dapat diakses oleh visual basic.

Constraint
batasan-batasan dari masalah.

Control
Aktivitas monitoring dan evaluasi terhadap feedback utnuk menentukan apakah system telah bekerja dengan baik atau tidak.

Counter
variable pencacah yg digunakan dalam struktur algoritma pengulangan.

Database Management System(DBMS)
perangkat lunak yg khusus /spesifik ditujukan untuk pengelolaan basis data

Disk Operating System
salah satu sistem operasi lama berbasis CLI

Elektronika
Ilmu yg mempelajari alat listrik arus lemah yg dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat.

Entitas
Individu yg mewakili sesuatu yg nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yg lain.

Extensible Hypertext Markup Language(XML)
 sekumpulan aturan untuk menyusun bahasa mark up

Feedback
data tentang kinerja sistem.

Flow Chart
skema/bagan(chart) yg menunjukan aliran(flow) di dalam suatu program secara logika.

Gejala
signal atau tanda terjadinya suatu masalah.

Gerbang Logika
blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik.

Graphical User Interface(GUI)
antar muka pengguna dengan model grafis.

Identifier
nama dari suatu variabel atau konstanta.

Ilmu komputer
suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yg menjelaskan dan mentransfor-masikan informasi.

Inherintance atau pewarisan
prinsip pewarisan sifat dari orang tua ke anak atau turunannya yg diterapkan pada kelas.

Inisialisasi
instruksi yg dilakukan pertama kali pada suatu variabel atau ekspresi pemrograman

Input
elemen-elemen yg masuk ke dalam system

Integrated Development Environment(IDE)
lingkungan pengembangan aplikasi terintegrasi. perangkat lunak untuk membantu mempermudah pembuatan aplikasi komputer.

Interpreter
penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara satu per satu baris dibaca dan langsung di terjemahkan.

Kardinalitas
jumlah maksimum entitas pada suatu himpunan entitas yg dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain

Konstanta
variabel yg nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah.

loop
proses pengulangan suatu perintah

Masalah(problem)
perbedaan antara situasi aktual dan situasi yg diharapkan atau perbedaan antara kondisi sekarang dengan target atau tujuan yg diinginkan.

Model
penyederhanaan dari suatu sistem atau tiruan dari suatu sistem dengan sedikit atau banyak penyederhanaan.

Multi-tasking
kemampuan sistem operasi untuk menjalankan beberapa tugas/aplikasi secara besamaan.

Multi-user
kemampuan system operasi untuk dijalankan oleh pengguna yg berbeda pada wktu bersamaan

Output
perpindahan elemen-elemen yg dihasilkan oleh proses perubahan ke tujuan yg diinginkan.

Pemecahan masalah
sebuah proses dimana suatu situasi di analisa kemudian di temukan ada masalah dengan cara pendefinisian,pengurangan,penghilangan.

Pemrograman berorientasi obyek (Object oriented programming-OOP)
paradigma pemrograman yg menggunakan obyek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program komputer.

Pemrograman Web
usaha untuk membuat halaman web dengan menggunakan bahasa pemrograman web(script)

Perangkat lunak
seluruh instruksi yg digunakan untuk memproses informasi.

Permission
proses untuk menentukan apa yg bisa dilakukan seorang pengguna pada suatu sistem.

Pointer
variabel yg menyimpan alamat pada memori komputer.

Polymorphism
kemampuan dari suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk

Programmer
seseorang yang yg bekerja membuat program komputer.

Prosedur
-instruksi yg dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi
-sekumpulan perintah yg merupakan bagian dari program yg lebih besar yg berfungsi mengerjakan suatu tugas tertentu.

Proses
perubahan atau transformasi input menjadi output.

Prototyping
salah satu pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan.

Pseudocode
cara penulisan algoritma dengan menggunakan kode-kode yg mirip dengan bahasa pemrograman.

Query
permintaan atau pencarian pada data-data tertentu pada suatu basis data.

Record
baris data dari suatu tabel.

Rekayasa perangkat Lunak
suatu dsiplin ilmu yg membahas semua aspek produksi peramgkat lunak,mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna,menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna,desain,pengkodean,pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Relationship atau relasi
hubungan yg terjadi antara sejumlah entitas

sistem
kumpulan dari elemen-elemen yg saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Sistem Basis Data
kumpulan elemen-elemen seperti basis data,perangkat lunak,perangkat keras,dan manusia yg saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yaitu pengorganisasian data.

Software
perangkat lunak

Software Engineering
rekayasa perangkat lunak

Solusi
bagian akhir atau output dari proses pemecahan masalah.

Stored Procedure
potongan kode program yg dapat menerima parameter input dan menghasilkan satu atau lebih parameter output dan digunakan untuk operasi-operasi basis data.

Structured Query Language(SQL)
bahasa query terstruktur untuk mengelola basis data.

Strategi pemecahan masalah
metode atau pendekatan yg digunakan seseorang ketika menghadapi masalah.

Struktur algoritma
cara/urutan untuk membuat suatu algoritma.

Tipe data
jenis data yg dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.

Trigger
tipe khusus dari stored procedure yg akan di eksekusi ketika suatu kejadian muncul

Variabel
tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan pada suatu program.

View
tabel virtual yg isinya berdasarkan pada query yg dilakukan pada basis data.

Web Browser
perangkat lunak yg berfungsi menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yg kita kehendaki.

Web dinamis
Halaman-halaman web yg isi dan informasinya berubah-ubah sesuai dengan permintaan pengguna.

Web server
Perangkat lunak yg bertindak melayani permintaan-permintaan client terhadap halaman-halaman web tertentu.

Web Statis
halaman-halaman web yg isi dan informasinya tidak berubah-ubah.


sumber :
Aunur,Rofiq Mulyarto,dkk, Rekayasa Perangkat Lunak

Komentar

Postingan Populer