Fungsi (function) c++

          fungsi dalam c++ memegang peranan penting. hal ini karena sebenarnya program dalam c++ adalah kumpulan dari fungsi-fungsi. fungsi yang tersedia maupun yg dibuat sendiri akan dipanggil dalam fungsi utama,yaitu main().

c++ menyediakan built-in function yang dapat diakses dengan lebih dulu memanggil file header'a di awal program yang kita buat.
c++ juga menyediakan fasilitas untuk membuat fungsi sendiri (user-defined function).

*Tipe-tipe fungsi
ada 2 jenis fungsi,yaitu fungsi yang tidak mengembalikan nilai dan fungsi yang mengembalikan nilai.

  • fungsi yang tidak mengembalikan nilai

fungsi ini dibuat dengan tipe void.dalam vb dan pascal ,fungsi ini dikenal dengan nama prosedur.
contoh:















pada contoh diatas,kita membuat fungsi dengan nama cetak angka dengan tipe void sehingga tidak mengembalikan nilai (return value). perhatikan bagaimana mendeklarasikan fungsi. fungsi akan berjalan sampai akhir kode pada fungsi tersebut.

  • fungsi yang mengembalikan nilai
fungsi ini akan mengembalikan nilai  untuk digunakan pada bagian program yang lain.
untuk mendefinisikan fungsi tipe ini,kita akan menggunakan void,tapi langsung tipe data dari nilai yang akan dikembalikan oleh fungsi tersebut.
contoh :













pada tipe fungsi ini,kita membutuhkan pernyataan return untuk menunjukan bagian yang akan dikembalikan nilainya. pada contoh diatas,tipe data dari nilai yang akan dikembalikan adalah char.
bentuk char dengan tanda * menunjukan variabel nilaichar noleh berisi lebih dari 1 huruf dan akan disimpan /dicetak sebagaimana ketika kita memasukan isinya.

*penggunaan parameter dalam fungsi
seperti halnya pada vb dan java,fungsi dalam c++ juga membolehkan digunakan parameter/argumen utnuk melewatkan input / menampung output dari fungsi tersebut.
contoh 1:


















fungsi pada contoh diatas adalah kuadrat.fungsi ini membutuhkan 1 variabel input (pada contoh adalah x) pada fungsi main(),variabel bill adalah variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai yang digunakan sebagai parameter pada fungsi kuadrat ketika dipanggil.
contoh 2 :


















merupakan pengembangan dari contoh 1. pada fungsi kuadrat,kita tambahkan parameter output yaitu hasil.parameter keluaran harus dilewatkan berdasarkan alamat memorinya,sehingga harus menggunakan pointer(lihat tanda * sebelum variabel hasil).demikian juga cara pemanggilan fungsinya,parameter input dan outputnya harus disebutkan. parameter output yang menyimpan hasil perhitungan harus kita beri awalan &.


sumber : Aunur Rofiq Mulyarto,dkk, Rekayasa Perangkat Lunak.

---------------------------------------------------------------------
mau pulsa gratis??klik aja  klik

Komentar

Postingan Populer