POINTER C++

Bahasa c++ membolehkan kita untuk memanipulasi memori dengan cara penggunaan pointer. hal ini merupakan fitur yang tidak disediakan oleh bahasa pemrograman yang lain. apabila digunakan secara benar,maka akan sangat menguntungkan,tetapi bila salah dalam penggunaan bisa berakibat pada kerusakan(crash /hang) pada sistem operasi.



*konsep dan pengertian pointer
pointer adalah variabel,namun berbeda dengan variabel normal,pointer menyimpan alamat pada memori,bukan nilai yang kita inginkan.

contoh :

pada contoh disamping,kita deklarasikan variabel alamat sebagai pointer dengan menambahkan tanda* di depan nama variabel. jika kita tidak menggunakan tanda * berarti variabel tsb akan berfungsi seperti variabel normal.variabel x kita deklarasikan sebagai variabel normal dengan tipe data long.
perhatikan pada baris alamat =&x.baris ini menyatakan bahwa variabel alamat(bukan pointer) akan diisi dengan nilai dari alamat dari x. tanda & didepan nama variabel berarti kita menginginkan nilai alamat memorinya yang kita gunakan dan bukan nilainya.




apabila kita eksekusi programnya,maka tampilannya akan tampak seperti ,gambar berikut :


perhatikan nilai-nilai output pada gambar disamping,nilai seperti 0x0012ff88 adalah angka hexadesimal dari alamat variabel. kalau kalian amati,ketika kita memasukan nilai 5 pada variabel x maka variabel *alamat akan berisi juga nilai 5. demikian juga ketika kita memasukan nilai 20 pada variabel *alamat,nilai x juga berubah menjadi 20. hal ini karena variabel *alamat dan x menempati alamat memori yang sama.

setiap kali kita mendeklarasikan sebuah pointer,maka otomatis pointer akan menunjuk alamat acak pada memori. oleh karena itu kita harus mengeset variabel pointer tersebut agar tidak menunjuk alamat tertentu dengan cara memberi nilai null.
contoh:














hasil ekesekusi :














sumber : Aunur Rofiq Mulyarto,dkk,Rekayasa perangkat lunak.




--------------------------------------------------------------------------
mau pulsa gratis??klik aja  klik

Komentar

Postingan Populer